PETANI WAJAK KIDUL PERANGI TIKUS


Rabu, 30 Mei 2012, di Desa Wajak Kidul tepatnya di sawah desa diadakan kegiatan gropyokan tikus. Kegiatan yang digagas oleh gapoktan desa setempat ini melibatkan sekitar 40 orang petani.
pembagian racun tikus

                Gropyokan dilakukan sebagai salah satu cara pengendalian hama tikus yang menjadi hama utama di daerah tersebut.  Kegiatan ini rutin dilakukan mengingat tikus dapat menyerang tanaman padi mulai dari pembenihan sampai menjelang panen. Kerusakan yang ditimbulkan bervariasi, dari ringan sampai berat. Serangan berat dapat menyebabkan sawah puso atau berkurangnya hasil panen secara signifikan.
                Selepas acara gropyokan para petani tersebut bersama wakil dari 5 desa tetangga menerima bantuan dari Dinas Pertanian berupa racun tikus berbentuk grill sebanyak 1 dus berisi 20 kotak racun seberat 1000 gr. Bantuan diberikan sebagai stimulasi agar petani dengan kesadarannya sendiri mau memasang umpan sebagai salah satu cara yang dianggap efektif untuk menekan populasi hama tikus, binatang yang terkenal dengan kepandaian dan kekompakannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini