PETANI BOYOLANGU MULAI MELIRIK "SI MANIS"

Kegiatan pengendalian penyakit bulai
di lahan BPP Boyolangu
       BPP Boyolangu dalam menjalankan fungsi dan tugas pokoknya, selalu mendukung dan mendorong setiap proses transfer dan alih teknologi kepada gapoktan dan poktan se-Kecamatan Boyolangu. Dalam pelaksanaan program kaji tindak penanaman jagung manis, varietas yang di tanam dari PT.BISI varietas master sweet dan sweet lady. Kegitan ini mulai berjalan oktober sampai dengan nopember tahun 2012. Kegiatan ini dengan tujuan pengenalan dan cara tanam jagung manis kepada poktan, budidaya jagung manis akhir-akhir ini mulai dilirik para petani di daerah khususnya kecamatan boyolangu.
Penanaman jagung manis di lahan BPP


          Pemanfaatan lahan BPP Boyolangu merupakan dukungan team penyuluh, guna pemanfaatan lahan pekarangan yang belum dimanfaatkan petani disekitar BPP Boyolangu. Harapan kita nantinya apa yang telah dilakukan BPP akan menarik minat petani, disamping itu ada kemauan dan kemampuan memanfaatkan lahan secara optimal. Yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan petani dan kesejahteraan keluarga petani akan meningkat. 
         Kerjasama dengan pelaku usaha juga telah dijalin baik dengan semua produsen benih, kegiatan ini dengan tujuan paska panen setiap komoditas akan menguntungkan petani, sebagai pelaku utama. Sehingga petani dalam melaksanakan proses budidaya sampai panen tidak kesulitan mencari pembeli. Kehadiran para pelaku usaha yang masuk ke Balai Penyuluhan Pertanian akan sangat membantu proses transfer teknologi yang sudah dikembangkan masing-masing perusahaan benih jagung.
            Pengendalian hama dan penyakit pada tanaman jagung juga harus mendapat perhatian khusus, untuk bulan november 2012 penyakit bulai mulai menyerang beberapa daerah di wilayah kecamatan boyolangu. Lahan demplot diharapkan akan mampu menanggulangi penyakit bulai dari beberapa seed treatment yang telah dilakukan. Dari beberapa seed treatment  menunjukkan bahwa tanaman jagung manis (jagung sayur) lebih rentan di bandingkan jagung hibrida ( jagung konsumsi).      

Komentar

Postingan populer dari blog ini